Rabu, 03 Agustus 2011

Mantra " OM "


Suku kata tunggal yang paling suci dalam literatur seluruh Hindu adalah penyebutan kata OM yang berasal dari AUM.  Kata ini terus di bibir umat Hindu yang taat dari buaian hingga liang kubur.  OM (AUM) Itu singkatan dari  BRAHMAN (Tuhan dalam Veda).

OM adalah mantra persetujuan.  Suku kata OM ini berarti YA dan menegaskan serta memberikan energi apapun yang kita katakan setelah itu. Itu sebabnya semua mantra dimulai dengan OM.  OM juga mantra pendakian dan menyebabkan energi kita naik ke atas, ke yang tak terbatas. Dengan mengucapkan OM, orang memperoleh akses ke kekuasaan alam semesta, dan meditasi pada OM dikatakan mengarah pada pencerahan dan keabadian. OM adalah luas dan meningkatkan unsur-unsur api, udara dan eter, khususnya eter. Hal ini juga memberikan kekuatan, perlindungan dan kasih karunia. Ini menghubungkan kita dengan kekuatan bimbingan Guru batin.

  " Aum adalah simbol tertinggi dari TUHAN Aum adalah keseluruhan.. Aum menegaskan. Aum adalah suara yang mengekspresikan semua kebenaran.
  Imam mulai beribadah dengan Aum. Guru spiritual memulai pelajaran mereka dengan Aum, dan murid-murid mereka membuka diri bagi mereka pelajaran dengan Aum.
 . Mereka di antaranya berada Aum bersatu dengan TUHAN "
Taittiriya Upanishad 1:8 
OM suku kata, juga dikenal sebagai Pranava, juga bisa dibilang sebagai AUM. 
"A" singkatan ANG untuk penciptaan, (Aksara Dewa Brahma)
"U" adalah singkatan UNG untuk pengawetan atau pemelihara (Aksara Dewa Wisnu) , dan
"M" singkatan dari MANG yang menunjukkan pralina, kehancuran atau pembubaran (Aksara Dewa Siwa).
Menurut penafsiran lain, tiga huruf yang membentuk AUM menunjukkan tiga Lokas (pesawat eksistensi) dari alam semesta ini baik kotor dan halus Svarga (surga), Martya (bumi) dan Patala (akhirat). Bagian singkat berikut adalah salah satu yang paling jelas dari referensi yang tak terhitung jumlahnya untuk suku kata OM (dibaca AUM) yang dapat ditemukan di mana saja di kitab suci Hindu.
Tujuan mana semua Veda (dibaca Weda) menyatakan, segala bentuk pertapaan keras yang bertujuan, dan yang diinginkan manusia ketika mereka memimpin kehidupan kontinensia, saya akan memberitahu Anda secara singkat : itu adalah OM. Ini OM suku kata memang Brahman.  Suku kata ini adalah tertinggi. Barang siapa tahu suku kata ini memperoleh semua yang dia inginkan. Ini adalah dukungan terbaik, ini adalah dukungan tertinggi.  Barang siapa tahu dukungan ini dipuja di dunia Brahma.
Katha Upanishad I, ii, 15-17 
OM mengungkapkan semua , berisi semua dan seperti Veda, OM adalah wahyu yang datang melalui SHARUTI ATAU PENDENGARAN yang menurut Upanishad Mandukya, OM adalah baik Atman dan Brahman : itu adalah masa lalu, sekarang dan masa depan, serta semua yang melampaui waktu.

Nyanyian dari OM umumnya dilakukan oleh impersonalists dan mereka yang terlibat dalam proses yoga mistik. Dengan nyanyian OM dan mengendalikan pernapasan sempurna (pranayama), maka sebagian besar merupakan cara mekanis memantapkan pikiran menjadi satu yang pada akhirnya bisa masuk ke trans atau samadhi.  Melalui sistem konsentrasi dan penyebutan suku kata OM yang benar, dengan pikiran yang tenang disertai suasana yang khusuk, maka  satu persatu dan secara bertahap mengubah kecenderungan pikiran menyerap material dan membuatnya spiritualisasi.  Proses ini dapat berlangsung bertahun-tahun untuk kesempurnaan. Aksara OM yang diucapkan dengan benar saat bersemadhi akan mampu membuat energi mengalir keseluruh tubuh (merinding), dan melatih cakra dalam diri dapat membantu energi dalam tubuh untuk mencapai tingkat tertinggi melalui Yoga Semadhi.
sumber : 
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Om
2. http://wacanadharma.blogspot.com/search/label/mantra%20om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar